Thursday 12 May 2016

VI. Inokulasi Bertahap, HEMAT & HASIL PANEN MAXIMAL. Mau ?.....

Inokulasi Bertahap Pada Pohon Gaharu Budidaya

PENTING  DILAKUKAN AGAR

Hasilkan Chip Resin Grade Tinggi & Mudah Pendanaanya !!!

Inokulasi pada batang, dahan atau akar pohon gaharu HARUS dilakukan pada pohon gaharu yang dibudidayakan agar resin muncul dan menghasilkan aroma wangi, sehingga pohon gaharu memiliki nilai jual yang tinggi.

8 tahun terakhir ini sudah banyak lembaga atau pun perseorangan yang melakukan penelitian tentang pemberian obat/penyakit/serum pada pohon gaharu yang berusia tanam 6 tahun dengan ukuran batang pohon berdiameter 15-20 cm, serta tinggi batang 8 m hingga 12 m. Disaat pohon usia seperti ini di berikan lah vaksin inokulasi ke pohon tersebut dan di tunggu hasilnya selama 2 tahun, untuk kemudian di panen, di tebang habis. TERNYATA SYSTEM YANG SEPERTI INI "KURANG MEMBUAH KAN HASIL" !!!

Hal ini ternyata di sebabkan oleh beberapa hal utama :
1. Kurang bagusnya serum/inokulan yang digunakan.
2. Waktu proses yang terlalu cepat,
    seperti orang melakukan proses pengkarbitan pemasakan buah pisang.
3. Pemilihan tata letak pemberian serum pada bagian batang pohon gaharu.
4. Penggunaan zat pewarna kayu yang berlebihan.
    Hasilnya hitam, warna bagus. Tetapi tidak ada aroma wangi bila dibakar.
5. Pemakaian alat bor yang berlebihan, sehingga banyak memutus urat/serat kayu yang berfungsi
    sebagai penghantar makanan ke seluruh bagian pohon.
    POHON MATI SEBELUM WAKTUNYA & PEMBUSUKAN KAYU YANG BERLEBIHAN.

Belajar dengan kejadian dan pengalaman yang, saya. Glone Muhammad berserta segenap petani yang tergabung di kelompok tani Gubal Gaharu Indonesia, mendapatkan sebuah system lengkap beserta caranya agar ke 5 hal tersebut diatas bisa di antipasi semaximal mungkin.
Dimana uji coba kami telah sukses dilakukan sejak tahun 2013, dimana teknik dengan pemasangan kapsul Super 8i9 ini, telah berhasil mendapatkan hasil panen yang cukup mengembirakan. Dimana untuk 1 batang pohon budidaya dengan usia tanam 6 tahun di inokulasi selama 2 tahun dan dipanen pada tahun ke 8 akhir, BISA MENGHASILKAN NILAI JUAL PERBATANGNYA DENGAN KISARAN HARGA JUAL BORONGAN ANTARA Rp. 5 juta hingga Rp. 7,5 juta per batangnya.

Dan bila dilakukan pembersihan terhadap chip chip resin yang dihasilkan di dapatkan penjualan chip yang sudah di bersihkan dengan kisaran harga Rp. 500.000 s.d Rp. 2.000.000 per kg. Ini diluar sisa abu pembersihan yang ada. dengan perkiraan hasil per pohon yang dibersihkan sendiri oleh petani sebesar +/-  Rp. 10 juta per pohonnya.

Bagaimana Cara Melakukan Inokulasi Bertahap ..... ?... click gambar di bawah ini untuk info selanjutnya !!!!!!

Cara Melakukan Inokulasi Bertahap pada pohon gaharu anda.

Selamat Mencoba !





No comments:

Post a Comment